Yuk, Bikin Paper! #1 Overview

Mahasiswa pada umumnya punya kewajiban membuat paper, entah itu berbentuk skripsi maupun paper kuliah. Umumnya juga, mahasiswa enggan dengan tugas ini. 😀 Paper biasanya hanya akan dikerjakan bila sudah mendekati deadline. Pertanda bahwa kita lebih berharap pada the power of kepepet daripada kuatnya aliran energi positif berupa antusiasme. Skripsi jangan ditanya. Kegiatan satu ini menjadi bottleneck di berbagai universitas di Indonesia sehingga muncullah wacana penghapusan skripsi.

Kenyataan ini agak mengherankan karena anak muda biasanya suka penasaran dan giat mencari tahu. Buktinya? Banyak tuh mahasiswa yang tahu betul bahkan hafal serba-serbi klub-klub Liga Inggris. Sementara itu, para mahasiswi yang gaul biasanya tahu betul berbagai jenis kosmetik, harga, dan keunggulannya. Mahasiswa dan mahasiswi ini rela meluangkan waktu untuk mencari tahu berbagai hal yang menjadi minatnya. Lantas, mengapa kesenangan dan antusiasme yang sama tidak ada ketika membuat paper?

If It’s not Fun, It’s not Worth It

Banyak mahasiswa memilih topik berdasarkan kelayakannya untuk diajukan sebagai topik skripsi atau paper. “Yang penting (topik ini) di-acc dosen!” Artist's conception of the Milky Way galaxy.Cara ini punya 1 kelemahan mendasar yaitu kita sendiri belum tentu senang dengan topik yang kita ajukan. Yang penting lulus kan? Iya, namun cara ini hanya mempercepat kita di awal (i.e. acc topik) tanpa ada jaminan bakal cepat sampai akhir. Jadi, belum tentu bakal cepat lulus juga. 😛

Nggak percaya? Coba bayangkan kita diberi tugas membuat paper 5 halaman mengenai klub bola, merek tas, atau tokoh yang kita kagumi. Sekarang coba bayangkan kita diberi tugas membuat paper 5 halaman mengenai galaksi Bima Sakti. Mana yang lebih cepat waktu pengerjaannya? Kecuali kita seorang pecinta astronomi, hampir pasti tugas pertamalah yang lebih cepat waktu penyelesaiannya. Padahal, bahan tulisan tentang galaksi Bima Sakti justru jauh lebih banyak dari sekedar informasi mengenai klub bola misalnya. Lalu, kenapa penyelesaiannya lebih cepat tugas pertama? Karena kita lebih suka topik tugas pertama.

Simulasi Penerbangan

Pernah coba main simulasi penerbangan tanpa membaca manualnya? Ribet pasti. Kesulitan  ini mudah diduga karena simulasi penerbangan itu kompleks. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan disinkronkan agar kita bisa menjalankan misi yang diinginkan (misal: menurunkan pasukan di timur kota Baghdad). Ada arah mata angin, ketinggian, kecepatan pesawat, dan banyak lagi. Oleh karena itu, sebelum main simulasi penerbangan, kita sangat perlu membaca manualnya.

Sementara itu, untuk hal baru sekompleks skripsi atau paper, apakah kita pernah mempelajari manualnya? Ya, kita pernah belajar metode atau metodologi penelitian, namun itu baru 1 bagian dari skripsi yaitu bagian cara melaksanakan sebuah penelitian. Statistik? Itu hanya bagian menguji dan menginterpretasi data. Metode penelitian dan statistik itu penting, namun menyusun skripsi/paper lebih kompleks daripada kedua hal tersebut.

Paper

Benarkah paper itu lebih dari sekedar metode penelitian dan statistik? Secara teoretis, paper bisa dibagi menjadi 3 bagian penting berikut:

Riset

Riset secara luas bisa diartikan sebagai suatu kegiatan terstruktur untuk menemukan jawaban atas suatu masalah tertentu. Riset terdiri dari beberapa bagian yaitu masalah (pertanyaan penelitian), teori, pengembangan hipotesis (dugaan atau jawaban sementara), hipotesis, cara meneliti dan menguji hipotesis (metode penelitian), hasil pengujian hipotesis, interpretasi hasil, diskusi atau pembahasan hasil, simpulan, dan saran.

Menulis laporan riset

Riset yang sudah dilaksanakan dilaporkan dan, oleh karenanya, dinilai dalam bentuk tulisan. Laporan riset merupakan alat bagi kita untuk mengkomunikasikan riset kita kepada pihak lain. Ada beberapa aspek penting laporan riset seperti aspek bahasa, perunutan logika berpikir, penulisan (e.g. kesalahan ketik), layout dan desain (e.g. membuat dan menempatkan tabel dan gambar yang mudah dibaca dan dimengerti).

Seberapa penting peran penulisan laporan riset yang baik? Pernah melihat pembicara yang membawakan satu topik menarik dengan bertele-tele, nggak jelas, dan tidak menarik? Nah, laporan riset yang buruk sama dengan pembicara tersebut. Laporan itu bertele-tele, tidak menarik, dan membosankan pembacanya. Di sisi lain, pernahkah anda melihat pembicara yang menarik dan menyenangkan? Pembicara yang membuat anda terus-menerus menyimaknya (bukan sekedar mendengarkan)? Itulah laporan riset yang baik.

Hal-hal penting lain

Ada banyak hal penting yang bukan merupakan bagian dari riset dan pelaporannya itu sendiri, seperti masalah  pembimbingan, ketersediaan data, jenis penelitian, sumber literatur, plagiarisme, dan lain-lain. Strategi yang tepat atas hal-hal ini akan sangat membantu dalam memperlancar pembuatan paper.

Kolom Ini

Menyusun paper itu relatif kompleks karena, seperti main simulasi penerbangan, ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan disinkronkan. Namun demikian, tidak ada yang perlu ditakutkan dari membuat paper karena, pada dasarnya, manusia itu senang dengan hal yang kompleks dan selalu berusaha meningkatkan tingkat kompleksitas hal-hal yang ia kerjakan. Paper atau skripsi itu sendiri hanya tahapan berikutnya dari tingkat kompleksitas yang harus kita hadapi.

Kompleks bukan berarti rumit, susah, atau tidak bisa dikerjakan. Memainkan simulasi penerbangan jauh lebih kompleks daripada main tetris, namun nyatanya banyak sekali yang menyenangi permainan jenis simulasi ini. Bukan hanya permainan simulasi, permainan model strategi semacam Empires, Cityville (Facebook), dan lain-lain juga banyak digemari. Jadi, kompleksitas bukan masalah.

Sesuatu yang kompleks memang lebih memerlukan pemikiran. Namun ini juga berarti bahwa prosesnya akan lebih menantang dan lebih memuaskan. Hal yang perlu kita lakukan agar ‘permainan’ ini menjadi menyenangkan hanyalah pilih permainan yang kita senangi dan pelajari manualnya.

Kolom ini didedikasikan untuk membantu kita, anda dan saya, agar mampu membuat  paper secara lebih menyenangkan. Kolom ini akan membahas bagian-bagian pembuatan paper yaitu riset, penulisan, dan aspek penting lainnya. Kemudian, pembahasan tersebut akan menunjukkan (i) aspek-aspek yang harus kita pilih sendiri agar ‘permainan’ ini jadi menyenangkan, dan (ii) aspek-aspek yang harus kita ikuti/taati menurut kaidah tertentu agar paper kita memenuhi standar penelitian yang baik.

Oke. Bulan depan kita ngomongin topik ya. Hal yang pertama sekali perlu kita pikirkan ketika mau memulai menyusun paper atau skripsi. 😀

********************************

Kredit foto – Creative Commons:

Simulasi penerbangan: wolgenbill via Flickr – http://bit.ly/fm0ZHg

Baca juga artikel lain di http://akuntanmuda.wordpress.com/

Iklan

3 thoughts on “Yuk, Bikin Paper! #1 Overview

Komentar ditutup.