“Antara Hasrat Bisnis dan Cinta”

Pernah baca buku akuntansi yang bikin gak pengen berhenti baca? Buku ini salah satunya.

Perkenalan akuntansi bagi pelajar SMA
Perkenalan akuntansi bagi pelajar SMA

Buku yang ditulis oleh Prof. Indra Wijaya Kusuma ini menarik banget. Ceritanya dikembangkan dengan memikat, kita bakal ikut merasakan dilema Prita (tokoh utama), keren dan pinternya Bu Rini, dsb. Di sisi lain, buku yang lengkap menggambarkan prinsip-prinsip akuntansi ternyata sangat mudah dimengerti.

Yang mengagetkan, ternyata buku ini menyasar anak SMA sebagai pembacanya! Konsepnya adalah mengenalkan akuntansi ke anak SMA. Eits, bukan sekedar perkenalan biasa, namun perkenalan yang asik. Bonusnya, ternyata buku ini juga sangat menarik dibaca buat orang-orang yang ‘sudah kenal’ akuntansi.

Kupikir hampir semua orang perlu baca buku ini. Iya, buat yang level akuntansinya sudah tinggi, konsep akuntansi yang diajarkan di buku ini sih mungkin udah pada tau banget. Namun buku ini perlu kita baca justru karena sisi inovasinya. Kita orang akuntansi sendiri sering terjebak pada stereotype bahwa akuntansi itu angka, dingin, gak menarik. Di buku ini kita akan menemukan penyampaian yang hangat, menyenangkan, dan membuat ingin tahu lebih lanjut.

Tentu saja ini nggak berarti kita harus setuju dengan isi atau cara penyampaian buku ini, walaupun ya memang aku suka sih. (Siapa elo rie? -_-” ) Yang penting kita tau dan menyadari bahwa ada lho cara lain untuk mengajarkan dan memahamkan akuntansi. Bahwa selama ini kita nggak tau, mungkin lebih karena kita enggan mencari dan bereksperimen dengannya. Kita cenderung terima-terima aja segala sesuatunya, termasuk cara pengajaran dingin yang sudah sedemikian lama. Ini saatnya kita mulai mencari apa yang bisa kita kembangkan di akuntansi, termasuk dengan berbagi dan diskusi inovasi serta karya akuntansi yang asik. Ya nggak sih? Menurut kalian gimana?

//

Iklan

2 thoughts on ““Antara Hasrat Bisnis dan Cinta”

  1. terima kasih arie telah mensosialisasi buku novel akuntansi ini. Akan diusahakan buku ini dapat masuk ke toko buku nasional seperti gramedia, toga mas dll. Selamat membaca. Buku edisi lanjutan kisah si Prita berikutnya yang belum terbit adalah mengenai partnership (persekutuan) yang dikemas dengan model novel.

    Suka

Komentar ditutup.