Data yang Diolah – Managemen Laba

liasaliyah

Kak saya mau tanya, Penelitian saya kan mengenai manajemen laba data yang digunakan data panel annual report thn 2011-2015. Nah untuk koefisien regresinya itu harus di hitung per perusahaan atau per seluruh data kak?

Itu tergantung pertanyaan penelitian dan desain penelitian kamu sih. Perlunya pengolahan data yang seperti apa.

Sedikit trik, tapi belum tentu berlaku di semua kondisi, adalah apa “normal” kamu? Yang dianggap normal (tidak dimanipulasi laba) itu yang seperti apa?

Kuncinya adalah suspect – nonsuspect. Mana observasian yang diperkirakan melakukan managemen laba (i.e. suspect) dan mana yang diperkirakan tidak melakukan managemen laba (i.e. nonsuspect). Yang diregresi kemudian yang nonsuspect alias normal.

Misalnya di paper Jones, Earnings Management During Import Relief Investigation (1991), dia menganggap bahwa (data) normalnya adalah (data) perusahaan itu sendiri sebelum ada investigasi untuk pembatasan impor. Berhubung normalnya adalah perusahaan itu sendiri maka yang dia regresi ya data per perusahaan, tapi yang periode investigasi itu nggak diikutkan.

Sementara ada juga penelitian lain yang menganggap bahwa yang normal adalah perusahaan sejenis (mis: satu industri) yang tidak diduga memanipulasi laba. Alhasil penelitian ini menggunakan data panel (per tahun per industri).

Selain itu ada juga model penelitian umum yang hanya bertanya apakah terjadi managemen laba dari tahun ke tahun, misalnya. Dalam penelitian ini kan nggak ada suspect-nonsuspect yah. Jadi yang diregresi ya semua data perusahaan di tiap tahun.

Begitu. Tergantung pertanyaan penelitian dan desain penelitianmu seperti apa.

Oya, sedikit soal suspect – nonsuspect ini juga saya bahas di sini http://wp.me/poL5J-ud

Iklan

2 thoughts on “Data yang Diolah – Managemen Laba

  1. Mbak arie, saya sedang meneliti manajemen laba dengan judul skripsi, pengaruh konvergensi ifrs dan leverage terhadap manajemen laba dengan sales growth sbgai variabel moderating
    Nah yg ingin saya tanyakan itu di rumus discretionary acrual kan ada eror, mencari eror itu gmn caranya ya mbak, mksih sblmnya

    Suka

Bagaimana menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s